Top Ad unit 728 × 90

Kiat Sukses Berpuasa untuk Orang yang Punya Penyakit Jantung

Puasa ialah kewajiban masing-masing umat Islam yang dapat secara jasmani dan batin. Bagaimana dengan orang-orang yang punya penyakit jantung? kita boleh saja ikut menjalankan puasa ketika punya penyakit jantung, asalkan telah lebih dulu berkonsultasi dengan dokter. Apabila dokter sudah mengecek kondisi jasmani Anda dan mengiyakan kemauan Anda guna puasa, pasti Anda boleh menjalankannya. Yang butuh diingat, tidak boleh sampai memaksakan puasa sampai akhirnya justeru memperburuk situasi Anda. Yuk, intip tips puasa guna orang dengan penyakit jantung inilah ini.

Panduan sehat puasa guna orang dengan penyakit jantung

Berpuasa untuk Orang yang Punya Penyakit Jantung

Dilansir dari Republika, Dr. dr. Muhammad Munawar berasumsi bahwa puasa guna orang dengan penyakit jantung bisa berjalan fasih tanpa gangguan bila mengekor mengikuti petunjuk yang tepat, laksana berikut ini.

1. Konsul ke dokter guna ubah masa-masa minum obat
Berpuasa pasti akan mengubah kelaziman makan dan minum, tergolong jadwal minum obat Anda. Maka sebelum berpuasa, konsultasi dulu dengan dokter kita untuk mengolah jadwal minum obat jantung Anda.

Obat dapat diminum ketika sahur dan berbuka, tapi tidak boleh memutuskan guna mengubahnya sendiri tanpa sepengetahuan dokter, contohnya dengan meminimalisir atau menambah takaran sendiri. Yang ada, situasi kesehatan Anda dapat makin memburuk karenanya.

Jadi, konsultasikan terlebih dahulu untuk dokter guna mendapatkan saran yang tepat.

2. Menjaga keperluan nutrisi sekitar puasa
Meski waktu santap jadi lebih tidak banyak selama bulan Ramadan, bukan berarti Anda dapat “membalas”nya dengan santap kalap dengan opsi menu yang sembarangan.

Saat sahur dan berbuka, hindari makanan yang berisi lemak bosan tinggi dan makanan yang tidak baik untuk jantung. Misalnya, daging berlemak, gorengan dan makanan yang serba digoreng, makanan asin/diasinkan, sosis dan chicken nugget, sampai fast food.

Sebagai gantinya, sajikan lebih tidak sedikit sayuran dan buah-buahan serta kacang dan biji-bijian. Makanan-makanan ini diperkaya oleh serat dan nutrisi beda yang malah menyehatkan jantung.

Untuk memenuhi keperluan protein dan karbohidrat, pilih ikan, daging tanpa lemak, oatmeal, beras merah, atau ubi jalar. Selain meningkatkan serat, makanan tersebut pun membantu tubuh guna mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Di samping itu, batasi pemakaian garam dengan menggandakan rempah-rempah pada masakan.

3. Banyak minum air putih
Menjaga tubuh tetap terhidrasi pun menjadi kunci keberhasilan puasa guna orang dengan penyakit jantung.

Semakin jarang kita minum, semakin tidak banyak cadangan cairan tubuh yang dapat menolong melarutkan garam dalam darah. Tingginya kandungan garam akan menciptakan darah menjadi semakin kental. Akibatnya, volume darah secara keseluruhan bakal berkurang. Karena volume darah kita menurun, jantung lantas akan bekerja lebih keras lagi guna menutupi kelemahan tersebut. Kondisi ini dapat memperburuk penyakit Anda. Terlebih, dehidrasi dapat mengakibatkan penyumbatan pada ring jantung.

Maka, tidak jarang kali biasakan guna minum paling tidak 8 gelas air putih walau Anda sedang puasa. Trik sederhananya ikuti petunjuk 2-4-2: 2 gelas ketika sahur, 4 gelas saat buka puasa (2 gelas sehabis ta’jil dan 2 gelas sehabis tarawih), dan 2 gelas air putih sebelum tidur. Pengecualian guna pasien tidak berhasil jantung yang jangan minum lebih dari 6 gelas per hari.

Untuk menangkal dehidrasi di siang hari, minum obat diuretik di malam hari sebab produksi urine menjadi lebih tidak sedikit saat itu.

4. Jangan tak sempat istirahat
Meski punya penyakit jantung bukan berarti kita boleh bermalas-malasan. Jika situasi tubuh lumayan fit, tidak apa guna melanjutkan kegiatan dan olahraga laksana biasa asalkan tidak semakin memberatkan kerja jantung. Selama puasa, simaklah juga kegiatan yang dilaksanakan untuk menangkal terjadinya kontraksi pembuluh darah yang dapat mengakibatkan pembekuan darah.

Jangan lupakan untuk menyediakan waktu beristirahat di tengah padatnya kegiatan Anda, ya!

5. Pemeriksaan kesehatan rutin
Penting guna rutin cek ke dokter di sepanjang bulan Ramadan untuk memahami perkembangan situasi Anda, khususnya untuk cek desakan darah dan ritme atau irama jantung.
Kiat Sukses Berpuasa untuk Orang yang Punya Penyakit Jantung Reviewed by Ayied Muhammad Riduan on 22.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Runfreeno.org © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.