Top Ad unit 728 × 90

Mengenal Lebih Dekat Tentang Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Internis merupakan sebutan bagi para dokter yang spesial menangani berbagai keluhan pada tubuh ataupun organ penyakit dalam. Gelar SpPD untuk dokter penyakit dalam sendiri, diperoleh setelah mereka menempuh pendidikan kespesialisan penyakit dalam, dimana pendidikan kespesialisan tersebut dapat ditempuh setelah mereka mendapatkan gelar dokter umum terlebih dahulu. Spesialis penanganan penyakit dalam ini pada umumnya diberikan pada mereka orang dewasa dan atau lansia yang memang memiliki berbagai keluhan terhadap organ bagian dalam mereka. Dokter spesialis penyakit dalam sendiri, tidak serta merta menangani berbagai keluhan terhadap pasiennya, namun mereka pun juga akan menangani keluhan berdasarkan subspesialisasi ilmu kedokteran mereka.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Secara klinis ilmu penyakit dalam ini akan kita temukan dibagi dalam beberapa subspesialisasi, dimana setiap subspesialisasi tersebut akan secara khusus menangani organ-organ tertentu dalam tubuh manusia. Berikut ini beberapa subspesialisasi ilmu kedokteran penyakit dalam, yang diantaranya adalah:

Spesialis Alergi, dokter spesialis ini secara khusus menangani berbagai keluhan atas adanya berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya alergi serta gangguan imunitas dalam diri seorang pasien. Beberapa keluhan akibat alergi serta gangguan imunitas tersebut antara lain adalah penyakit imunologi paru, alergi makanan, alergi obat-obatan, dermatitis artopik, dan berbagai jenis alergi lainnya. Dokter spesialis alergi ini, biasanya akan memiliki gelar atau title Sp.P-KAI, dibelakang nama mereka.

Spesialis Nefrologi atau Ginjal - darah Tinggi
Dokter spesialis penyakit dalam ini secara khusus akan menangani berbagai keluhan penyakit dari pasiennya, yang terkait dengan permasalahan kesehatan ginjal, tekanan darah serta munculnya ketidakseimbangan cairan dan mineral dalam diri seseorang. Beberapa penyakit yang umum ditangani spesialis ginjal ini antara lain adalah gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, hipertensi, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal. Dokter dengan spesialisasi ini akan memiliki gelar Sp.PD-KGH, dibelakang nama mereka.

Spesialis Gastroenterologi-Hepatologi
Dokter spesialis yang satu ini secara khusus memiliki ilmu penanganan kesehatan yang terkait dengan saluran pencernaan dalam tubuh pasiennya atau yang terkait dengan usus, lambung, pankreas, hati dan pankreas. Penyakit yang biasa ditangani oleh dokter spesialis ini antara lain adalah gastritis, hernia, hepatitis, radang saluran empedu, radang usus, kanker saluran cerna dan penyakit lainnya terkait saluran pencernaan manusia. Dokter dengan bidang spesialisasi ini akan memiliki gelar Sp.PD-KGEH.

Kardiovaskular
Dokter spesialis yang satu ini memiliki tugas dan wewenang untuk memeriksa serta mendiagnosis penyakit dalam diri pasien terkait dengan kondisi jantung dan pembuluh darah dalam diri pasien. Beberapa penyakit yang banyak ditangani oleh dokter spesialis ini antara lain adalah gagal jantung, kelainan katup jantung, kelainan pembuluh darah, hipertensi, gangguan irama jantung, dan penyakit lain terkait dengan jantung dan pembuluh darah. Dokter dengan spesialisasi penyakit jantung ini secara umum akan memiliki gelar Sp.PD-KKV.

Selain spesialis diatas, masih terdapat beberapa lagi gelar dokter untuk spesialisasi penyakit organ dalam tubuh manusia. Secara umum dokter spesialis penyakit dalam ini akan menangani pasien mereka, setelah mendapatkan rujukan dari dokter umum terlebih dahulu. Namun tak jarang juga dokter spesialis penyakit organ dalam akan menangani keluhan pasien secara langsung ketika pasien melakukan konsultasi atas kesehatan mereka secara langsung. Jika memang keluhan pasien tidak termasuk dalam spesialisasi penanganan penyakit mereka, maka dokter spesialis tersebut akan merujuk pasien ke dokter spesialis penyakit organ dalam lain yang memang memiliki kompetensi pada bidang keilmuan mereka.
Mengenal Lebih Dekat Tentang Dokter Spesialis Penyakit Dalam Reviewed by Ayied Muhammad Riduan on 07.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Runfreeno.org © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.